1.
Pengertian
Singkat
BISNIS
Pengertian
Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu ataupun kelompok
organisasi yang melakukan aktivitas penjualan, produksi, distribusi, pembelian,
atau pertukaran barang maupun jasa. Dan kegiatan bisnis ini juga memiliki
tujuan untuk memperoleh keuntungan atau laba. Secara etimologi,“bisnis”
merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang mana
artinya kesibukan. Yang artinya adalah melakukan atau mengerjakan suatu
aktivitas ataupun pekerjaan yang dapat memberikan atau menghasilkan keuntungan
untuk seseorang[1].
Semua
kegiatan yang berkaitan dengan bisnis memiliki fungsi untuk membuat segala
sesuatu yang mulanya memiliki nilai kurang menjadi sesuatu yang memiliki nilai
tinggi serta dapat memenuhi segala sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Adapun
beberapa fungsi bisnis, yaitu :
1.
Fungsi Produksi
Fungsi
bisnis yang pertama ini adalah fungsi produksi yaitu fungsi bisnis pada saat
produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang
diperlukan oleh masyarakat. Misalnya seperti, perusahaan furniture, perusahaan
jasa keuangan, dan lain sebagainya.
2.
Fungsi Distribusi
Fungsi
bisnis berikutnya adalah fungsi distribusi yaitu fungsi bisnis pada saat
distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan atau mendistribusikan suatu barang
atau jasa ke lokasi atau wilayah terdekat yang bisa dijangkau atau dicapi oleh
para konsumen atau masyarakat.
3.
Fungsi Penjualan
Fungsi
bisnis berikutnya adalah fungsi penjualan yaitu fungsi bisnis pada saat
melakukan penjualan atau ketika perusahaan menjualkan barang atau jasanya
kepada para konsumen.
4.
Fungsi Pemasaran
Fungsi
bisnis berikutnya adalah fungsi pemasaran yaitu fungsi bisnis pada saat
penyimpanan dan pemasaran, dimana barang yang diproduksi pada saat itu kurang
bermanfaat bagi para konsumen dan nantinya barang tersebut akan dikeluarkan
pada saat barang tersebut lebih memiliki manfaat untuk konsumen atau
masyarakat.
Di
dalam buku The World Of Business (1979) yang ditulis oleh seorang ahli yang
bernama Steinhoff, ada 3 fungsi utama dalam kegiatan bisnis, yaitu:
·
Acquiring
Raw Material, yaitu fungsi untuk mencari bahan mentah.
·
Manufacturing
Raw Materials Into Product, yaitu fungsi untuk mengubah bahan
mentah menjadi barang jadi.
·
Distributing
Product to Consumers, yaitu fungsi untuk menyalurkan atau
mendistribusikan produk yang dihasilkan kepada para konsumen.
Tujuan
utama dari sebuah bisnis adalah pastinya untuk memperoleh dan mendapatkan laba
atau keuntungan dari barang atau jasa yang diproduksi yang dibutuhkan oleh
masyarakat. Namun, sebenarnya tidak hanya profit atau keuntungan saja yang
dikejar oleh suatu perusahaan. Berikut ini beberapa tujuan bisnis, yaitu :
·
Untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan
bisnis tersebut.
·
Untuk mendapatkan kesejahteraan bagi pemilik
faktor produksi dan juga bagi masyarakat.
·
Untuk pengadaan barang atau jasa yang
diperlukan oleh masyarakat.
·
Untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi
masyarakat.
·
Untuk meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan
ekonomi masyarakat secara umum.
·
Untuk menunjukkan atau menampilkan
eksistensi atau keberadaan suatu perusahaan dalam jangka waktu panjang.
·
Untuk menunjukkan atau menampilkan prestise
dan prestasi.
TIK (Teknologi, Informasi dan
Komunikasi)
Teknologi
informasi dan Komunikasi adalah sebuah tempat yang mewadahi semua peralatan
teknis yang digunakan dalam proses penyampaian informasi. Secara lebih
terperinci, maka teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua bagian,
diantaranya adalah teknologi informasi serta teknologi komunikasi.
Teknologi
Informasi termasuk beragam hal yang memiliki hubungan dengan suatu proses,
penggunaan alat bantu, memanipulasi hingga hasil dari mengelola informasi.
Sedangkan teknologi komunikasi merupakan sesuatu yang berhubungan erat dengan
cara menggunakan alat bantu guna melakukan prosedur transfer file atau data
dari satu perangkat ke perangkat lain[2].
E-COMMERCE
E-Commerce
adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan
jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan
jaringan komputer.
Arti
E-commerce (Electronic Commerce) dapat juga didefinisikan sebagai aktivitas
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam
melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefenisikan
kembali hubungan antara penjual dan pembeli.
Secara
sederhana pengertian E-commerce dapat diartikan sebagai aktivitas transaksi
jual-beli barang, servis atau transmisi dana atau data dengan menggunakan
elektronik yang terhubung dengan internet[3].
2.
Penilaian
E-Commerce
Penilaian
dilakukan terhadap Tokopedia sebagai salah satu e-commerce di Indonesia
Kelebihan
:
·
Memiliki kategori penjualan barang TIK
dengan spesifik kategori.
Untuk setiap barang produk TIK tokopedia memiliki spesifikasi
yang sangat baik untuk pengkategorian barang, missal pada perangkat komputer
memiliki sub kategori komputer mini, hardware dan aksesoris, dan didalam sub
kategori hardware terdapat sub kategori seperti Motherboard, Processor dll.
·
Memberikan jasa untuk pembayaran Jasa TIK.
Tokopedia memberikan fasilitas ntuk transaksi dalam jasa
TIK seperti pembayaran Internet, Pembelian Voucer game dll.
·
Memiliki jasa transmisi dana atau data.
Kekurangan
:
·
Terbatasnya jasa TIK yang bisa dibayarkan.
Jumlah
pembayaran jasa TIK yang ada di tokopedia masih terbatas, masih ada yang tidak
dimiliki tokopedia.
3. Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia
E-Commerce
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu
halaman-web. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan
penjualan seharga AS$12,1 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada
bulan desember 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel
di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada
tahun 2011.
Pada
awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis
memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun,
baru sekitar empat tahun kemudian di tahun 2000 an amerika dan eropa sudah
mulai mengenmbangkan bisnisnya ke dunia online. Dan sudah booming waktu itu dan
terus hingga seperti sekarang saat ini.
Untuk
tahun sekarang e commerce sedang berkembang pesat di daerah asia tenggara, yang
terutama adalah cina yang menjadi pemimpin e commerce terbesar di asia.
Dari
data internet pada www.worldstats.com, dalam sepuluh tahun terakhir jumlah
pengguna internet di dunia meningkat drastis, dari 0,4% pengguna di seluruh
dunia, kini naik hampir 60 kali lipat di tahun 2008. Pengguna internet tahun
2008 1.565.000.000 atau sebesar 23,3 % dari jumlah penduduk di dunia. Dari 1,5
miliar pengguna internet saat ini, 41% berada di Asia, kemudian disusul Eropa
25% disusul Amerika Utara 16% dan Afrika dengan tingkat pengguna internet
terkecil di dunia hanya 5.6%.
Besarnya
pengguna internet di Asia sangat wajar mengingat jumlah penduduk di Asia lebih
dari 55% penduduk dunia atau sebesar 3,7 miliar jiwa dari total penduduk dunia
6,7 miliar jiwa. Sedangkan presentase penetrasi terbesar pengguna internet
terhadap total penduduk dunia masih dipegang oleh negara-negara di kawasan
Amerika Utara yang mencapai 73,1% sedangkan penetrasi pengguna internet di Asia
baru mencapai 17,2%[4].
Daftar
Pustaka
[1]
https://www.nesabamedia.com/pengertian-bisnis/
[2]https://jagad.id/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-fungsi-tujuan-dan-perkembangan/
[4] https://imersmuda.com/perkembangan-e-commerce-di-dunia-saat-ini/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar